Kebiasaan Unik Orang Korea

hanguk

Barangkali banyak diantara kita yang mengetahui tentang Korea dari K- Drama yang selalu kita tonton. Banyak kebiasaan-kebiasaan di Korea yang beberapa diantaranya berseberangan dengan kebiasaan kita di tanah air. Agar tidak mengalami kebingungan berinteraksi dengan mereka saat liburan di Korea, sebaiknya kita mempelajari bagaimana budaya dan hal-hal yang sering dilakukan penduduk negeri ginseng ini.

1.Cara Menyantap Mie

ramen05

Beberapa kebiasaan penduduk Korea yang mungkin terlihat aneh bagi kalian adalah mereka suka makan mie langsung dari pancinya. Berbeda dengan kita yang selalu meletakkan seporsi makanan di dalam piring, mereka langsung makan dari panci yang biasanya terbuat dari kuningan. Panci ini konon lebih cepat dingin dibandingkan jenis panci yang lain.  Tidak hanya itu, mereka juga sering makan dengan bunyi “slurps” yang justru sering kita hindari.

Itu sebabnya, jika melihat orang Korea sedang makan kesan yang muncul adalah nafsu makannya yang tak pernah habis karena selalu melahap aneka kudapan dengan semangat hingga mulutnya penuh makanan. Hal lain yang berhubungan dengan kebiasaan makan adalah kesukaan orang Korea mengonsumsi bawang putih yang diyakini dapat menetralkan tekanan darah. Mereka juga menanggap aneh jika makan dengan tangan, lazimnya warga negara penghasil girl band dan boy band ini, mereka selalu makan dengan menggunakan sendok atau sumpit yang terbuat dari stainless steel.

sendok

2.Suka Minum Minuman Beralkohol

Orang Korea  sangat menyukai minuman beralkohol yang paling banyak dijumpai yaitu Soju, di kalangan laki-laki maupun perempuan. Minuman ini seringkali digunakan sebagai simbol penghargaan pada teman atau tamu. Hal ini pula yang menyebabkan aktivitas minum bersama sampai mabuk menunjukkan bahwa diantara mereka sudah tidak ada rahasia lagi  dan bersahabat. Hal ini pula yang membuat kita akan sering melihat orang Korea yang sedang menggendong temannya karena mabuk.

soju

3.Kebiasaan Memukul Kepala

Nah, jika di Indonesia memegang kepala dianggap tabu, lain halnya dengan di Korea. Bahkan menurut kebiasaan negeri ini, kebiasaan memukul kepala adalah hal yang lumrah. Anda bisa menyaksikkan kebiasaan ini di adegan-adegan K-drama. Dua orang sahabat atau teman saling memukul kepala atau orang tua memukul kepala anaknya.

Hal lain yang agak berbeda dengan kebiasaan di Indonesia adalah orang Korea mudah sekali membentak dan memaki bawahannya jika ada kesalahan. Namun begitu, tiap usai kejadian mereka langsung saling meminta maaf dan tidak menyimpan dendam dihati. Kendati tergolong temperamental, warga negeri gingseng ini khususnya para penjualnya justru sangat ramah. Berapapun banyaknya jumlah barang atau besaran belanja yang kita habiskan mereka selalu mendoakan keselamatan para pembelinya.

Itulah beberapa kebiasaan yang mungkin akan sering Anda lihat selama berlibur ke Korea.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s